Melacak pengiriman ke luar negeri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Seringkali beberapa dari kita penasaran dan ingin tahu posisi paket sebenarnya sudah sampai di mana apakah masih lama atau hampir sampai di negara tujuan.

 

Namun, tampaknya masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara mudah melacak atau tracking paket tanpa harus memasang aplikasi. Tentunya metode ini jauh lebih cepat dan simpel bisa dilakukan kapanpun selagi Anda terhubung ke internet.

Jadi, bagaimana cara melacak pengiriman ke luar negeri? Silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah.

Cara Mudah Melacak Pengiriman ke Luar Negeri (Tanpa Aplikasi)

Sebelum memulai tracking, Anda perlu tahu bahwa kode resi internasional dan domestik itu berbeda. Di sini kami contohkan ekspedisi yang Anda gunakan adalah Rifex.co.id.

Biasanya Anda akan mendapatkan no.resi setelah menyesaikan pembayaran ongkir dan pengisian data lainnya. Adapun tahapan untuk melacak pengiriman ke luar negeri melalui layanan Rifex yaitu sebagai berikut.

1.  Kunjungi situs Rifextrack.com atau rifex.co.id/lacak-pengiriman

2. Kemudian, akan terbuka tampilan seperti ini 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Manfaat dan Tujuan Tracking atau Lacak Pengiriman

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas tracking atau pelacakan paket bertujuan untuk mempermudah pengecekan lokasi atau posisi paket saat proses pengiriman berlangsung.

  • Memastikan bahwa paket benar-benar diproses dan dikirimkan oleh pihak ekspedisi
  • Mengurangi risiko hilangnya paket
  • Mendeteksi keberadaan dan juga posisi terakhir paket
  • Mempermudah penerima untuk bersiap-siap menerima paket
  • Memberikan kenyamanan dan perasaan tenang karena paket sudah diproses

Setiap pengirim barang mempunyai hak untuk menggunakan fitur cek resi seperti ini. Jangan sampai Anda mengirimkan barang ke luar negeri ke ekspedisi yang tidak jelas, paketnya tidak bisa dilacak atau sistem trackingnya error dan minim informasi dari admin.

Hal seperti ini cukup meragukan dan bisa risikonya sangat tinggi. Apalagi jika paket yang dikirimkan adalah barang dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Hal Lainnya yang Perlu Anda Ketahui Seputar Cek Resi Luar Negeri

Meskipun wilayah pengirimannya, berbeda sebenarnya fungsi cek resi pengiriman domestik dan internasional itu sama. Namun, perbedaan mungkin saja terdapat di jumlah digit dari kode resinya.

Misalnya, untuk pengiriman ke luar negeri biasanya memuat 10 digit angka atau campuran dengan huruf tergantung ekspedisinya.

Lalu bagaimana cara mengetahui keaslian nomor resi tersebut?

Maraknya penipuan di proses pengiriman barang membuat konsumen banyak yang was-was dan takut dengan pemalsuan resi. Hal seperti ini memang mengkhawatirkan, oknum tidak bertanggung jawab bisa saja mengirimakn resi palsu kepada Anda.

Karena ceroboh, Anda sebagai pengirim tidak cek ulang di situs cek resi. Kalau sudah begini paket yang dikirimkan sampai kapan pun tidak akan sampai ke negara penerima.

Cara membedakan no.resi luar negeri yang asli dan palsu yaitu dengan mengeceknya langsung di situs masing-masing. Seperti yang sudah kami contohkan di atas, apabila menggunakan jasa Rifex maka Anda bisa input resinya di kolom yang sudah tersedia.

Ingat resi yang asli pasti bisa di lacak, sementara resi palsu biasanya tidak bisa terlacak dengan baik atau menampilkan informasi yang tidak sesuai.

Baca juga: Kirim Paket ke Laos Prosesnya Cepat Ongkir Murah, Buktikan!

Apa Saja Informasi yang Ditampilkan Saat Cek Resi Luar Negeri?

Ada beberapa informasi yang ditampilkan saat pengecekan resi, beberapa di antaranya seperti jam, tanggal, bulan dan tahun. Selain itu, tercantum juga wilayah dari pengirim dan penerima, dan sebagainya. Informasi ditampilkan secara real-time memungkinkan Anda untuk mengetahui posisi paket dengan lebih akurat.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara cek resi atau tracking pengiriman ke luar negeri. Di Rifex kami memberikan kemudahan yang dibutuhkan pelanggan, cek resi sekali klik input dan hasil langsung keluar.

Kami menjangkau lebih dari 200 negara di dunia untuk pengiriman internasional paket umum dan khusus. Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi admin kami.