Mengirimkan barang ke luar negeri bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, menggunakan kargo laut dengan transportasi kapal, kemudian bagian yang kedua yaitu melalui jalur udara dengan pesawat terbang.

 Di antara kedua jalur pengiriman ini, kira-kira mana yang menurut Anda lebih mudah dan cepat? Tentu jawabannya adalah pesawat terbang jalur udara.

Ada banyak keunggulan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan metode pengiriman ini. Terlebih lagi untuk mengantarkan paket-paket yang lokasinya lebih dari ratusan kilometer jauhnya seperti ke luar negeri.

Ingin tahu apa saja kelebihan pengiriman barang melalui jalur udara? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

5 Kelebihan Pengiriman Barang ke Luar Negeri Jalur Udara

Tadinya mungkin kalian berpikir pengiriman paket via pesawat udara mahal ongkos kirimnya dan sulit regulasinya.

Namun, kami akan jelaskan bahwa itu keliru. Berikut ini beberapa kelebihan utama mengirimkan barang, paket, atau dokumen melalui jasa kirim ke luar negeri jalur udara.

1.    Lebih Cepat Sampainya

Pertama, dari segi kecepatannya dulu antara pesawat dan kapal laut perbedaannya sudah jauh. Sebagai contoh, estimasi lama kirim barang ke Australia dengan menggunakan jalur udara hanya butuh waktu sekitar 5 hari. Sementara itu, pengiriman lewat laut bisa seminggu atau mungkin lebih.

Kebanyakan pengirim pasti ingin barangnya cepat sampai ke luar negeri. Untuk paket-paket khusus seperti kado, souvenir, dan semacamnya jika terlalu lama dikirim tentu rasanya sangat disayangkan.

2.    Biaya Hemat

Selain itu, dengan memilih pengiriman melalui kargo udara Anda bisa menghemat pengeluaran lebih efisien. Karena, umumnya biaya kirim menyesuaikan dengan hitungan per kg dari barang atau paket yang dikirimkan.

Berbeda dengan kargo laut yang cenderung dikhususkan untuk pengiriman komoditas mentah, barang dalam jumlah yang banyak.

Contoh lainnya pengiriman barang ke Selandia Baru untuk paket 1 kg biayanya sekitar Rp578.002. Namun jika berat paket adalah 2 kg maka biayanya hanya Rp809.203 saja. Mengingat lokasi yang cukup jauh, tentunya biaya tersebut bisa dibilang terjangkau.

3.    Skala Kirim Kecil dan Besar

Selanjutnya, pengiriman dengan pesawat udara juga bisa digunakan untuk memproses barang dan paket dalam jumlah kecil dan besar sesuai kebutuhan.

Paket yang termasuk jumlah kecil misalnya seperti dokumen, barang-barang perorangan seperti kado, souvenir, hadiah. Sementara itu, pengiriman skala besar seperti produk dagangan atau komoditas jualan.

Sangat fleksibel dan memudahkan berbagai pihak untuk melakukan pengiriman ke luar negeri. Tidak mengherankan jika kargo udara saat ini menjadi pilihan populer yang banyak dicari oleh orang-orang yang butuh jasa pengiriman internasional.

4.     Pengiriman yang Aman

Tidak perlu khawatir dengan paket atau barang yang dikirim. Sejauh ini metode kirim melalui jalur udara aman dan sudah sesuai dengan prosedur internasional.

Risiko paket hilang bisa dibilang kecil, selagi Anda menggunakan ekspedisi yang tentunya terpercaya. Selain itu, pelacakan atau tracking juga bisa dilakukan dengan mudah pakai HP saja.

Anda hanya perlu mengetik kode resi untuk mengetahui keberadaan posisi paket setelah dikirimkan ke negara tujuan. Dalam pengiriman via udara juga ada proses pengecekan yang detail dari pihak bandara memastikan jenis barang yang dikirimkan aman dan tidak menyalahi aturan negara tujuan.

5.     Prosesnya Semakin Mudah

Kelebihan terakhir dari metode pengiriman ke luar negeri lewat jalur udara adalah kemudahan proses. Bagaimana tidak? Sekarang sudah banyak jasa pengiriman ke luar negeri yang menyediakan layanan seperti ini.

Anda tidak perlu dokumen-dokumen rumit untuk mengirimkan barang yang sifatnya umum seperti yang sering kami sebutkan yaitu pakaian, produk kerajinan, dan sejenisnya.

Ada persyaratan khusus untuk pengiriman? Anda bisa dengan mudah konsultasi dengan tim ekspedisi untuk memenuhi kelengkapan datanya.

Dengan melihat kelebihan di atas, kami rasa cukup wajar jika banyak yang lebih memilih jalur pengiriman lewat udara untuk pengiriman ke luar negeri.

Bagaimana menurut kalian apakah sependapat? Barangkali ada kebutuhan untuk kirim barang, paket, atau dokumen ke berbagai negara di dunia maka solusi termudahnya bisa menggunakan layanan Rifex.

Kami menyediakan solusi dan kemudahan untuk mengirimkan paket-paket Anda dengan aman dan cepat. Selain itu, ongkos kirimnya juga murah dapatkan informasi terbaru mengenai jasa kirim ke luar negeri dengan menghubungi kami.