Apakah kalian sudah tahu cara kirim dokumen ke luar negeri? Ternyata prosedurnya tidak sesulit yang dibayangkan. Kami akan beritahukan tahapan-tahapan beserta rekomendasi jasa yang tepat. 

Ada banyak alasan kenapa orang-orang terkadang perlu mengirimkan dokumen ke luar negeri. Mulai dari persoalan kerja biasanya yang dikirim dokumen kantor atau keperluan project tertentu yang memang tidak cukup jika hanya digitalnya saja.

Selain itu, dokumen lainnya yang umumnya dikirim seperti berkas kuliah para mahasiswa atau sertifikat bentuk fisik. Meskipun beratnya tidak sampai 1 kg, namun nilai dari dokumen ini bisa saja sangat penting.

Cara Kirim Dokumen ke Luar Negeri untuk Pemula

Nah, jika ini pertama kalinya kalian mengirimkan dokumen ke luar negeri maka membaca panduan ini agaknya bisa sedikit membantu agar bisa tahu prosedur pengiriman dokumennya. Silahkan dibaca dulu langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Dokumen yang Akan Dikirimkan

Pertama pastinya kita perlu siapkan dulu dokumen apa saja yang akan dikirimkan misalnya ijazah, paspor, kartu identitas, dokumen perjanjian kerjasama, kuitansi, billing, surat pengantar, dokumen perusahaan, lembar saham, naskah, dokumen pendidikan. Sebagai catatan, tidak semua dokumen bisa dikirimkan ya.

2.  Susun Rapi Dokumen dengan Amplop atau Stopmap

Selanjutnya, susun rapi dokumen yang akan dikirimkan. Jika jumlahnya banyak, maka ada baiknya untuk merapikannya agar tidak berantakan. Belilah stopmap atau amplop coklat berukuran besar dengan pengait. Anda bisa menemukannya di toko buku atau penjual alat-alat tulis.

3.  Tulis atau Gunakan Label untuk Mengisi Info Dokumen

Pastikan untuk mengisi data yang lengkap pada stopmap atau amplop dokumen, agar nantinya tidak menyulitkan kurir. Tulis dengan bolpoin nama penerima, alamat, kode pos, nama jalan dan info lainnya.

Jika Anda ragu dengan tulisan tangan, maka bisa menggunakan label yang diprint untuk mengurangi risiko kesalahan tulis alamat atau nama jalan. Karena jika sampai hal ini terjadi dokumen mungkin nyasar atau terlambat tiba di tujuan.

4.  Kemas Dokumen dengan Rapi

Selain itu, Anda bisa memasukkan amplop atau map ke plastik dokumen khusus dilengkapi dengan pengunci agar tidak berantakan. Plastik dokumen juga dapat mengurangi risiko rusaknya kertas saat terkena air hujan. Jadi,jangan sampai melewatkannya.

5. Datang ke Kantor Ekspedisi (Jika Lokasi Dekat)

Semakin mudah jika lokasi Anda dekat dengan jasa pengiriman luar negeri, maka bisa datang langsung ke tempatnya dengan membawa paket dokumen agar bisa bertemu dengan admin langsung. Nantinya Anda mungkin perlu mengisi formulir pengiriman dan pembayaran ongkos kirim dilakukan secara tunai di tempat.

6.  Titipkan ke Kurir (Alternatif)

Bagaimana jika lokasinya jauh? Alternatifnya adalah menitipkannya ke kurir lokal, jadi nantinya paket dokumen Anda punya dua alamat. Pertama, alamat untuk mengantarkan paket dari rumah ke tempat ekspedisi, dan yang kedua yaitu dari Indonesia ke luar negeri (negara tujuan pengiriman).

Baca juga: Cara Kirim Paket ke Luar Negeri dengan Mudah Darimana Saja

Jasa Kirim Dokumen ke Luar Negeri Rifex Indonesia

Daripada kalian pusing memikirkan alur pengiriman dokumen ke luar negeri, kami punya saran yang lebih baik mari konsultasikan langsung bersama tim Rifex.co.id jasa pengiriman ke luar negeri yang siap kirim dokumen, berkas kantor dan keperluan pribadi.

Namun sebelum itu, mari pahami dulu syarat dan ketentuannya:

  • Berkas Bisnis Umum, seperti : Invoice, Faktor, dan sejenisnya (Copy atau Original tanda tangan basah atau sejenisnya)
  • Berkas Dokumen Ijazah (Copy atau Original)
  • Berkas Kebutuhan masuk Universitas di Luar Negeri , seperti : berkas pendaftaran, curriculum vitae dan sejenisnya (copas atau original)
  • Kartu Identitas / ID Card seperti : KTP, Paspor, SIM Indonesia, SIM Internasional dan sejenisnya.
  • Kartu Kredit / Credit Card masih belum aktif, yang sudah aktif ataupun yang aktif tetapi sudah diblokir TIDAK BISA

Asuransi Berkas atau Dokumen Penting :

Kami memahami pentingnya dokumen Anda dan Asuransi hanya mengcover kehilangan dengan pilihan Layanan Express

Silahkan hubungi Tim CS apabila Berkas atau Dokumen Anda ingin diasuransikan

Rifex.co.id memberikan solusi yang tepat dan mudah untuk keperluan kirim dokumen ke luar negeri. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas dengan menghubungi admin kami.

Mengapa Kirim Dokumen Pakai Jasa Rifex?

Karena, ada banyak jenis dokumen dan berkas yang bisa Anda kirimkan daftar lengkapnya sudah kami sebutkan di atas. Tentunya ini memberikan kemudahan tersendiri kalaupun nama dokumen tidak tercantum, bisa dikonsultasikan dengan admin kami.

Selain itu, Rifex juga bersedia membantu customer yang kebingungan saat ingin kirim dokumennya. Misal soal packing, itu bisa kami bantu. Kami juga menyediakan asuransi tambahan untuk pengiriman dokumen dan berkas penting.

Jadi tunggu apalagi? Permudah kirim dokumen ke luar negeri besama Rifex.co.id sekarang, jangan lupa lacak pengiriman Anda melalui fitur tracking paket kami.