Kirim paket ke luar negeri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan adanya perusahaan ekspedisi, kirim paket pribadi dalam jumlah sedikit atau banyak bisa dilakukan tanpa persyaratan yang rumit.


Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Awalnya kalian mungkin menganggap pengiriman internasional butuh izin ini dan itu. Di sini kami akan buktikan bahwa sebenarnya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Dimanapun kalian berada kirim barang atau produk ke luar negara sangat mudah dan cepat. Silahkan ikuti panduan lebih lengkapnya di bawah.

Prosedur Kirim Paket ke Luar Negeri Praktis, Begini Caranya

Ikuti langkahnya pelan-pelan, pahami dengan baik apa saja persiapan kirim paket ke luar negeri melalui penjelasan berikut ya.

1.  Cari Jasa Pengiriman dan Hubungi Adminnya

Temukan layanan yang tepat, Anda bisa mencarinya lewat internet, rekomendasi teman, atau sebagainya. Lalu, hubungi kontak dari admin ekspedisi tersebut supaya nantinya lebih mudah kalau ingin tanya-tanya dan melanjutkan proses pengiriman paket.

2.  Sampaikan Kebutuhan Anda

Selanjutnya, jelaskan ke admin sebenarnya paket atau barang seperti apa yang ingin Anda kirimkan ke luar negeri. Jangan lupa untuk menyebutkan nama negara tujuannya juga supaya lebih mudah untuk menghitung ongkirnya.

Kami berikan contoh biar lebih gampang:

  • Nama produk: Bubuk kopi original
  • Perkiraan berat: 1 kg – 2 kg
  • Negara tujuan: Jepang

Informasi sederhana seperti ini bisa mempermudah admin untuk membantu Anda menghitung biaya pengiriman dan pertanyaan yang lebih spesifik lainnya.

3.  Cek Ongkos Kirimnya dan Pertimbangkan

Jika nama produk, berat, dan negara tujuan sudah diketahui berikutnya adalah menghitung ongkir. Admin akan bantu cek berapa biaya yang perlu Anda bayarkan untuk mengirimkan paket tersebut ke luar negeri.

Ongkir ditentukan secara real-time, detik itu juga dan berlaku pada waktu yang sama. Kenapa kami mengatakan hal ini? Ongkir ke luar negeri itu berubah-ubah dan faktornya beragam, jadi diharapkan pengirim bisa memahami hal ini.

Setelah mengetahui ongkos kirimnya kalian bisa membuat keputusan apakah sepakat atau mungkin masih kurang pas dengan budget yang ada.

4.  Kemas Produknya dengan Aman

Jika ongkos kirim yang diberikan oleh ekspedisi dirasa cocok, Anda bisa lanjut kemas paketnya dengan rapi dan aman. Jangan ragu untuk bertanya ke admin agar dipandu untuk pengemasan yang baik dan benar. Disarankan untuk menggunakan bahan-bahan seperti kardus, styrofoam, dan bubble wrap menyesuaikan dengan jenis produk.

5.  Kirimkan Paketnya ke Kantor Ekspedisi atau Drop Paket

Selanjutnya, Anda punya dua pilihan. Skenario pertama dengan asumsi lokasi tempat jasa pengiriman luar negeri dekat dengan rumah Anda, maka bisa langsung datang saja ke kantornya agar lebih jelas prosedurnya.

Namun, apabila lokasi Anda jauh dari jasa pengiriman internasional dan tidak memungkinkan untuk datang ke tempat maka solusinya adalah dengan sistem drop paket menitipkannya ke kurir lokal untuk diantarkan ke kantor ekspedisi luar negerinya.

Memang kelihatannya sedikit susah, tapi sebenarnya tidak. Hal yang terpenting kalian sudah mengabarkan ke jasa kirim bahwa akan ada paket yang dikirim ke kantor ekspedisi atas nama (Anda).

Oh iya, jangan lupa untuk bayar ongkos kurirnya kalian bisa cek ongkir domestik dulu melalui fitur yang sudah kami sediakan.

6.   Pengecekan Paket dan Siap Dikirimkan

Setelah paket Anda di kantor ekspedisi luar negeri, selanjutnya tim di sana akan mengecek isi paket dan juga informasi lainnya mengkonfirmasi bahwa negara tujuan sudah benar, dan berbagai hal penting lainnya.

Anda bisa membayarkan ongkir ke luar negeri setelah paket sampai di kantor tersebut atau sesuaikan dengan kesepakatan. Pembayaran lebih mudah via transfer pastikan nomor rekening sudah benar dan jangan lupa untuk konfirmasi lagi.

Selesai, setelah semuanya sudah dicek Anda akan menerima airway bill yang berfungsi sebagai nomor resi luar negeri untuk keperluan pelacakan atau tracking paket.

cek paket ke luar negeri

Barang Apa yang Tidak Boleh Dikirimkan ke Luar Negeri?

Meskipun prosedurnya mudah, tetap saja tidak semua produk bisa dikirimkan ada aturan yang cukup ketat. Sebagai pengirim paket, kalian wajib mengetahui hal ini. Berikut ini sejumlah produk yang tidak boleh dikirimkan:

  • Semua jenis barang yang mudah meledak
  • Semua jenis barang yang mudah terbakar
  • Obat-obatan terlarang tanpa resep dokter dan izin yang jelas
  • Barang yang melanggar kesusilaan
  • Barang atau produk spesifik yang dilarang di negara tujuan
  • Semua jenis senjata api
  • Segala jenis binatang hidup kecuali ekspedisi khusus

Ingin lebih mudah kirim paket ke berbagai negara? Hubungi jasa pengiriman luar negeri Rifex.co.id, kami akan membantu Anda mempermudah setiap keperluan pengiriman. Siap menerima paket ekspor dari berbagai daerah dengan tujuan lebih dari 200 negara di dunia. Hubungi kami dan dapatkan ongkir termurahnya!